twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Friday 15 March 2013

5 Cara agar Latihan di Rumah Memberikan Hasil Maksimal || Tips dan Trik Fitnes


Latihan di rumah atau home exercise bisa menjadi hal yang sangat baik dan mudah dilakukan. Selain bebas biaya, Anda bisa melakukan latihan tersebut sambil melakukan aktivitas rumah.
5-Cara-agar-Latihan-di-Rumah-Memberikan-Hasil-Maksimal
Namun terkadang kendala muncul ketika Anda tidak mendapatkan hasil latihan seperti yang diharapakan, sehingga membuat Anda semakin tak bergairah berlatih di rumah. Nah, agar Anda tetap bisa berlatih di rumah dan mendapatkan manfaat terbaik dari latihan yang Anda lakukan, sebaiknya Anda perhatikan 5 hal berikut ini.
  1. Mulailah Dengan Tujuan 
    Melakukan latihan di rumah harus dimulai dengan tujuan. Bila Anda memilih satu bentuk latihan untuk menurunkan berat badan atau meningkatkan massa otot, maka Anda perlu bertanya pada diri sendiri, “apakah latihan ini akan membantu mencapai tujuan saya secepat mungkin?”, jika jawabannya tidak, carilah latihan yang lebih baik. Sebagai contoh, latihan bodyweight seperti push up, bench dip, atau crunch adalah latihan yang baik untuk meningkatkan massa otot. Sedangkan latihan kardio seperti lompat tali atau jogging baik untuk meningkatkan pembakaran lemak.
  2. Lakukan dengan Teknik yang Tepat
    Untuk mendapatkan hasil latihan terbaik, Anda perlu menguasai teknik latihan yang Anda lakukan. Anda pun wajib melakukan latihan-latihan tersebut dalam jumlah set dan repetisi yang diperhitungkan, bukan asal-asalan. Contohnya saat berlatih push up, Anda bisa melakukan 3 set dengan 10 repetisi tiap set, kemudian lanjutkan dengan latihan lain dengan jumlah set dan repetisi yang sama. Tambahkan set dan repetisi secara berkala agar perkembangan otot Anda berkembang pesat. Simak bagaimana teknik yang tepat dalam melakukan bodyweight training
  3. Lakukan Latihan Singkat dan Efektif
    Jika Anda tidak memiliki waktu luang untuk berolahraga, Anda bisa mencoba metode latihan singkat dengan hasil yang lebih baik dari latihan berlama-lama. Contoh latihan singkat dengan hasil terbaik adalah circuit training. Circuit training merupakan gabungan dari latihan beban dan kardio yang dilakukan secara berurutan dengan jeda istirahat yang singkat pula. Latihan ini pun cukup singkat, hanya memerlukan waktu 5-15 menit saja! 
  4. Jadwalkan Latihan dan Jangan Melanggarnya
    Jadwal ini digunakan untuk memastikan Anda punya waktu untuk berlatih. Jadwalkan latihan seperti ketika Anda membuat sebuah janji untuk bertemu dokter Anda, pastikan pikiran Anda jelas dan fokus pada aktivitas yang Anda kerjakan. Anda bahkan akan terkena biaya pembatalan jika Anda melanggar janji pertemuan seperti itu, dan ini bisa Anda terapkan pada jadwal latihan Anda. Ini akan membuat Anda bertanggung jawab, dan Anda bisa membayar hukuman atas pembatalan latihan Anda kepada teman atau anggota keluarga mereka dengan sesuatu seperti, “kalau saya melangggar jadwal latihan, saya akan mentraktirmu!” atau yang lainnya. Jadilah kreatif dan buatlah sesuatu yang dapat memotivasi Anda untuk melakukannya.
  5. Catat Kemajuan Anda
    Dengan menuliskan program beserta hasil latihan , maka Anda akan dapat melihat perkembangan latihan dari waktu ke waktu. Ini akan membuat Anda tetap jujur pada diri sendiri dan memperlihatkan pada Anda jika latihan tersebut tidak memberikan perkembangan berarti, sehingga Anda dapat memperbaikinya. Hal ini juga menambah motivasi Anda untuk tetap berlatih teratur dan melihat seberapa jauh usaha dan hasil dari latihan tersebut.
Jadi, latihan di rumah pun bukan masalah jika Anda menguasai teknik dan cara berlatih yang tepat untuk mencapai tujuan Anda. Selamat berlatih!

0 comments:

Post a Comment