twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Tuesday 14 October 2014

Sudah Diet – Berat Badan Tidak Turun

Penurunan Berat Badan Yang Mendatar Adalah Pertanda Baik.


Minggu pertama penurunan berat badan dengan mengontrol kalori adalah mudah. Minggu kedua dan ketiga juga tidak terlalu sulit, tetapi sekitar minggu keempat atau kelima, pada beberapa orang sepertinya timbangan tidak bergerak sama sekali !!!

Hal ini menunjukkan telah tercapainya penurunan berat badan mendatar yang pertama! Plateu (saat dimana berat badan tetap membandel tidak mau turun) adalah normal. Tentu saja, plateau ini membuat diri menjadi sangat putus asa sehingga banyak orang menyerah dan mengabaikan usaha mereka untuk turun berat badan. Mengejutkan memang bahwa sebenarnya kondisi plateau adalah suatu tanda positif/baik. Itu adalah tanda dari tubuh bahwa tubuh telah kehilangan lemak tapi bukan berat badan.

Kehilangan air Bukan Lemak

Pernyataan terakhir terdengar kontradiktif (berlawanan). Bagaimana mungkin seseorang kehilangan lemak tubuh tetapi berat badan tetap? Pada dasarnya, jawabannya adalah tubuh anda saat ini menahan air (walaupun tubuh telah kehilangan beberapa sebelumnya) sebagai ganti dari lemak yang hilang. Sampai air yang tertahan itu hilang, timbangan tidak akan mencatat pencapaian anda secara keseluruhan. Timbangan tidak dapat membedakan antara lemak dan berat air. Sementara diri sendiri juga tidak dapat melihat ke dalam tubuh, tetapi kita dapat belajar dan mengerti apa yang terjadi dan mengapa.
Tubuh manusia, seperti makanan yang kita makan adalah terdiri dari nutrien protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral dan air. Jika berat anda 75 Kg, tubuh kita akan terdiri dari 45 Kg air, 15 Kg lemak dan 15 Kg adalah nutrien lainnya. Seperti yang dapat lihat, tubuh kita adalah “basah/berair”. Air tidak hanya dalam darah, sebagian besar air dalam tubuh adalah merupakan bagian dari konfigurasi kimia antara sel, jaringan dan organ tubuh. Contohnya otot, menyimpan air dalam strukturnya. Umumnya 0.5 Kg jaringan otot dalam tubuh kita sama dengan 2 Kg air. Bahkan 15 % air terkandung dalam jaringan lemak, jadi 3.5 lemak dalam tubuh mengandung 0.5 Kg air.

Cara kerja Tubuh yang ajaib

Pada saat kita mengkonsumsi lebih sedikit kalori daripada yang dibakar tubuh, tubuh harus memperoleh energi yang dibutuhkannya dari sumber lain, sumber lain itu adalah diri sendiri. Ketika melakukan program turun berat badan (diet), pada kenyataannya tubuh mengkonsumsi lemak dan protein yang ada dalam tubuh untuk memperoleh energi (kalori) yang dibutuhkan. Minggu pertama dari semua program penurunan berat badan, tubuh cenderung untuk menggunakan lebih banyak protein dari otot dan jaringan tubuh daripada mingu-minggu sesudahnya.
Dengan berlalunya waktu, tubuh menjadi lebih selektif, dimana untuk memperoleh energi hanya mengandalkan lemak yang tertimbun daripada jaringan protein esensial yang diperlukan tubuh untuk melaksanakan fungsinya. Ketika jaringan lemak dan protein digunakan untuk energi, air yang terkandung didalamnya akan tetap bertahan untuk beberapa saat. Dengan kata lain tubuh tetap “menahan air” (inilah yang disebut dengan masa plateau). Ibaratnya tubuh beristirahat sebelum beratnya turun lagi.


Keadaan berat badan (berat air) yang berubah-ubah ini memang membuat frustasi, tetapi hal ini hanya sementara. Menguji keberhasilan program diet adalah bukan melalui permainan angka timbangan. Yang penting berapa banyak lemak yang hilang bukan berapa banyak protein dan air dalam tubuh, hal ini akan menjadikan anda lebih sehat. Jumlah lemak dalam tubuh dapat diketahui dengan cara melakukan tes kadar lemak dengan alat khusus.Disiplin dan Konsisten adalah kunci mendapatkan berat badan yang anda inginkan. Diet ketat bukan solusi untuk mendapatkan tubuh langsing dan sehat. Dengan memahami cara kerja tubuh, diet anda menjadi lebih efisien, karena anda tahu apa yang akan anda lakukan.

0 comments:

Post a Comment