twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Saturday 18 October 2014

Ingin Panjang Umur Tak Cukup Olahraga & Makan Sehat

Semua orang ingin panjang umur untuk menikmati dunia dengan segala isinya. Namun tidak semua orang tahu bagaimana caranya berumur panjang.

Menjaga pola makan dan olahraga rutin adalah 2 hal yang biasa dikampanyekan agar seseorang bisa panjang umur. Padahal selain 2 kebiasaan tersebut ada kebiasaan lain yang bisa membuat Anda panjang umur, di antaranya:

Stres pada hal-hal kecil

Jangan mudah dibuat stres oleh hal-hal kecil seperti orang yang menyerobot antrian atau koneksi kantor yang putus nyambung. Sebuah penelitian menemukan bila seseorang mudah stres karena hal-hal kecil maka kesehatannya juga akan terpengaruh.
“Dan ini dampaknya berbahaya, bahkan kalau stresnya sudah kronis maka risikonya bisa kematian dini,” terang Dr Carolyn Aldwin, PhD, direktur Center for Healthy Aging, Oregon State University.

Pensiun dini

Menurut peneliti di Perancis, menunda pensiun membantu menurunkan risiko demensia atau kepikunanhingga 3 persen untuk setiap tahunnya. Ini karena bekerja dapat melindungi fungsi otak sehingga tak mengalami penurunan performa.

Berkendara di jalanan macet

Berkendara di jalan yang macet telah lama terbukti mengakibatkan peningkatan kadar gula darah berikut tensinya, sehingga orang yang sering menghabiskan waktu di tengah kemacetan akan cenderung mudah cemas dan depresi. Ini diungkapkan peneliti dari Office for National Statistics Inggris.

Kurang Akur dengan Rekan Kerja

Pekerja kantoran sering diperingatkan agar banyak bergerak karena duduk seharian dapat menyebabkan obesitas dan hipertensi. Namun ternyata bukan itu saja risiko yang mereka hadapi.
Sebuah studi yang dipublikasikan American Psychological Association menemukan bahwa mereka yang tak punya banyak teman atau kurang akrab dengan rekan-rekan kerjanya jauh lebih berisiko untuk mati muda ketimbang yang tidak.

0 comments:

Post a Comment