twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Saturday 18 October 2014

Panduan Latihan Beban untuk Pemula | TIpss Fitnes Pemula

Ahli kami menjawab pertanyaan-pertanyaan dasar mengenai para pemula yang ingin mulai berlatih di gym.
Apa saja makanan yang diperlukan agar bisa recovery dengan cepat?
Anda beristirahat cukup, satu sampai dengan dua hari. Otot akan bertumbuh bila diistirahatkan dan dibantu dengan mengonsumsi protein yang tinggi sesuai dengan intensitas latihan yang dilakukan.
Apakah latihan untuk triceps dan biceps boleh dilakukan dan dikombinasi di waktu bersamaan?
Bila kita konsentrasi melatih otot biceps (misalkan 3 set, 15 reps), otot triceps boleh dilatih hanya 1 set saja sebagai penyeimbang gerakan latihan pada otot biceps tadi. Disarankan biceps dan tricepstidak dilatih di waktu yang sama karena akan membuat otot lengan atas (biceps dan triceps) kelelahan.
Apakah menambah berat beban dalam setiap pergantian repetisi itu baik untuk pertumbuhan otot?
Menambah berat beban di tiap repetisi boleh saja dilakukan untuk mencapai hypertrophy otot dan mencapai kekuatan otot yang maksimal. Cara ini dapat dilakukan oleh orang yang sudah mencapai level fitnes intermediate dan advance, dan tidak disarankan untuk pemula karena otot belum beradaptasi optimal. Jika dipaksakan oleh pemula, maka dapat mengakibatkan over-training dan cedera pada persendian.
Apa minuman yang paling tepat dikonsumsi saat latihan? Dan apakah boleh mengonsumsiwhey di tengah latihan?
Minuman yang boleh dikonsumsi saat latihan adalah minuman yang mudah diserap tubuh dengan cepat, seperti minuman mengandung elektrolit atau isotonik. Konsumsi whey protein di saat berlatih tidak disarankan, karena tubuh memerlukan waktu mencernanya. Saat mencerna whey ini, tubuh memerlukan oksigen cukup. Sementara latihan juga memerlukan oksigen cukup, bila oksigen 'berebut fungsi' untuk mencerna makanan dan untuk men-support olahraga, maka reaksi yang kerap dirasakan adalah mual, kembung, dan ingin muntah karena oksigen dan cairan bercampur dengan makanan.

0 comments:

Post a Comment