twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Sunday 17 March 2013

Olahraga Untuk Manula || Tips dan Trik Fitnes


Olahraga sering diidentikkan dengan orang muda (kecuali mungkin golf). Hal ini dikarenakan seseorang yang berusia dibawah katakanlah, 40 tahun, masih mempunyai fisik yang kuat untuk berlari, melompat, mengangkat beban, ataupun memukul.
Tapi apakah ini berarti orang lanjut usia tidak perlu lagi berolahraga? Tidak! Justru sebaliknya, orang yang sudah memasuki usia lanjut membutuhkan olahraga lebih dari orang muda, karena olahraga adalah cara terbaik bagi mereka untuk meningkatkan kesehatan, memperbaiki pergerakan, dan juga menikmati hidup. Nah, jenis olahraga dan latihan macam apakah yang harus dilakukan oleh orang yang berusia lanjut?
Tentunya, jawaban dari pertanyaan tersebut sangat bergantung pada usia, kondisi fisik, dan motivasi masing-masing pribadi. Perlu juga diingat bahwa jenis latihan yang digambarkan disini dibuat untuk mereka yang memiliki kesehatan yang cukup baik atau normal pada umumnya, dan tidak menderita suatu penyakit khusus atau kelainan fisik tertentu. Sebelum kita berbicara mengenai jenis-jenis latihan yang dimaksud, ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu hal-hal apa yang perlu anda hindari dalam berolahraga.
Sebelum anda menjalankan sebuah program latihan, sangat penting bagi anda untuk terlebih berkonsultasi pada dokter anda. Dokter dapat menentukan apakah program tersebut cocok dan baik untuk anda. Bila dokter sudah menyetujui, maka anda dapat segera menjalankannya dengan perasaan tenang. Hal lain yang perlu dicermati bagi para manula yang hendak berolahraga adalah tidak berlakunya prinsip‘‘No Pain, No Gain’’. Prinsip ini mungkin baik untuk anak muda yang berusaha memperbesar otot, tapi bagi mereka yang sudah berusia lanjut, prinsip ini malah bisa merugikan.
Sekarang mari kita berbicara tentang olahraga bagi orang lanjut usia. Dua dari beberapa jenis latihan yang disarankan bagi mereka yang berusia lanjut adalah aerobik / cardio dan fitness. Namun demikian, tidak semua orang menggemari latihan tersebut. Kebanyakan manula lebih menyukai jalan kaki. Tidak masalah, karena jalan kaki juga sangat baik bagi manula.
Berjalan selama 30-45 menit tiap hari dapat membawa perubahan besar bagi kesehatan anda. Tubuh anda akan mendapat lebih banyak oksigen dan peredaran darah anda pun akan lebih lancar. Selain itu, berjalan dapat memperkuat tulang anda. Saat cuaca diluar buruk, anda tidak perlu kuatir, karena berjalan dapat dilakukan di dalam ruangan dengan bantuan treadmill.
Senam air adalah olahraga lain yang baik untuk para manula, karena olahraga ini dapat membebaskan tubuh anda dari tekanan gravitasi dan pada saat yang bersamaan memungkinkan anda untuk bermain di dalam air. Olahraga yang selanjutnya mungkin terdengar aneh bagi anda, tapi orang lanjut usia juga masih boleh mecoba angkat beban. Dokter dan pelatih olahraga sangat merekomendasikan para manula untuk mengangkat beban beberapa kali dalam seminggu untuk memperkuat otot, memperbaiki keseimbangan, dan mempertahankan kepadatan tulang.
Olahraga sangatlah baik bagi para manula, karena dengan fisik yang lebih terjaga, maka mereka pun dapat melakukan lebih banyak jenis aktifitas daripada sebelumnya. Satu kabar baik bagi anda adalah anda tidak perlu membatasi latihan anda dengan jenis-jenis olahraga yang disebutkan diatas. Apabila anda ingin mencoba kickboxing atau squash dan dokter anda mengijinkan, maka kenapa tidak?

0 comments:

Post a Comment