twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Sunday 17 March 2013

Dahsyatnya Jogging || Tips Dan Trik Fitnes


Jogging – apa yang timbul di benak anda saat mendengar kata ini? Bagi banyak orang, jogging sering dikaitkan dengan olahraga santai di pagi hari yang lazimnya dilakukan oleh para atlet, tentara, ataupun orang dewasa. Di jaman modern ini, cukup jarang anak muda yang tertarik dengan olahraga ini.
Sepintas, jogging memang terlihat ringan dan sederhana. Bila dibandingkan dengan olahraga lain semacam sepak bola ataupun bola basket, jogging seakan terkesan tidak mungkin membakar kalori sebanyak cabang-cabang olahraga tersebut. Tapi tahukah anda bahwa jogging membawa manfaat yang luar biasa bagi tubuh kita?
Sebagai awal, jogging merupakan contoh latihan kardio yang baik. Jogging dapat merangsang, melatih, dan meningkatkan performa jantung dan pembuluh darah secara maksimal. Karena kemampuan jantung kita dalam memompa darah meningkat, maka secara otomatis tiap organ tubuh kita akan berfungsi dengan lebih baik dan kondisi kesehatan kita secara keseluruhan pun akan meningkat.
Manfaat lain dari jogging adalah meningkatnya kapasitas paru-paru. Tanpa disadari atau tidak, saat kita berlatih secara rutin, daya tahan fisik kita pun meningkat. Bila pada awal-awal jogging, kita hanya bisa bertahan selama 15 menit sebelum berhenti, maka sesudah jogging tiap hari selama seminggu, mungkin kita bisa bertahan 20-25 menit. Semakin lama kita bisa bertahan selama kita jogging, semakin banyak pula kalori dan lemak yang akan dibakar oleh tubuh kita.
Keuntungan lain dari olahraga ini adalah meningkatnya proses metabolisme tubuh kita. Pada suatu titik, jogging akan membuat kita kehabisan nafas dan jantung kita berdetak cepat. Hal ini berarti bahwa tubuh kita sedang mempercepat proses pembakaran lemak. Dari titik ini, anda hanya tinggal meneruskan latihan selama beberapa menit lagi untuk dapat melihat efek dari latihan yang anda lakukan terhadap berat tubuh anda.
Selain ketiga manfaat diatas, jogging juga berfungsi untuk membentuk otot kaki. Orang yang rutin fitness atau binaraga kadang terlalu terfokus pada bagian atas tubuh dan melupakan bagian bawah, termasuk kaki. Padahal, kaki adalah penopang berat tubuh kita saat kita berdiri, berjalan, ataupun berlari. Salah satu manfaat dari jogging adalah merangsang otot kaki dengan stabil, sehingga kita tidak hanya memiliki otot tangan atau tubuh yang kuat, tetapi juga otot kaki.
Selain manfaat yang disebut diatas, jogging juga memiliki sebuah fungsi unik, yaitu memperbaiki postur tubuh. Salah satu teknik utama dari jogging adalah berdiri tegap, sehingga bila kita rajin jogging, secara tidak sadar cara berjalan kita pun menjadi tegap. Hal ini tentu membawa dampak yang baik bagi penampilan anda sehari-hari.
Kesimpulannya, jogging sangatlah baik untuk kesehatan dan juga penampilan kita. Namun demikian, sebaiknya anda tidak melakukan olahraga ini saat udara dingin karena cuaca yang dingin dapat membawa pengaruh buruk bagi organ tubuh kita.

0 comments:

Post a Comment