twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Saturday 16 March 2013

5 Tahap Sukses Menurunkan Berat Badan || Tips dan Trik Fitnes


Anda pasti sudah memahami bahwa hasil dari diet tidak bisa dirasakan dalam waktu sehari saja. Setiap orang akan melalui tahapan dan proses tertentu sebelum mencapai keberhasilan menurunkan berat badan melalui program diet.
5-Tahapan-Menuju-Keberhasilan-Menurunkan-Berat-Badan
Ada lima tahap perubahan perilaku yang sering dialami oleh orang-orang yang berencana menurunkan berat badan. Lima tahapan ini sekaligus menjadi panduan dan peta jalan yang tepat bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan melalui penerapan gaya hidup sehat.

Tahap 1 : Pre- contemplation

Ini adalah saat di mana Anda tidak memiliki hasrat untuk melakukan perubahan sehat dalam hidup Anda. Bahkan pada fase ini Anda akan menganggap bahwa diet dan gaya hidup sehat bukanlah hal penting dalam hidup. Bagi Anda diet adalah kegiatan berlapar-lapar yang menyusahkan. Sedangkan bermalas-malasan sambil menonton tv adalah pilihan terbaik daripada berolahraga.
Kebanyakan diet yang dimulai di fase ini hanya bersifat sementara dan berujung pada kegagalan. Hal terbaik yang dapat Anda lakukan pada tahap ini adalah merenungkan kembali tujuan hidup Anda dan mendidik diri sendiri tentang pentingnya kesehatan melalui gaya hidup sehat.

Tahap 2 : Contemplation

Masuk di tahap ini Anda mungkin mulai berpikir dan merenungkan tentang pentingnya gaya hidup sehat. Anda pun mulai mengurangi konsumsi makanan cepat saji dan melakukan olahraga sesekali. Jika sebelumnya Anda mengonsumsi makanan cepat saji sebanyak 5 kali dalam seminggu, kini Anda mencoba menguranginya menjadi 2 kali seminggu.
Dalam hal olahraga Anda pun mulai melakukan perubahan kecil. Jika sebelumnya Anda gemar bermalas-malasan di waktu luang, kini sesekali Anda mulai mencoba jalan kaki di sekitar komplek perumahan. Fase ini adalah saat yang tepat untuk belajar lebih dalam mengenai gaya hidup sehat, termasuk memahami bagaimana pola makan dan cara latihan yang benar.

Tahap 3 : Preparation

Pada tahap ini Anda mulai serius dalam mengambil tindakan menuju hidup yang lebih sehat. Anda telah merencanakan untuk membeli bahan masakan yang sehat untuk dimasak dirumah. Anda pun telah mempelajari puluhan resep sehat dan hemat untuk menunjang diet sehat Anda.
Tak sekedar melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, kini Anda telah menyempatkan diri datang ke gym untuk mengenal berbagai peralatan di gym berikut cara menggunakannya. Referensi tentang bagaimana cara berlatih yang benar juga telah Anda pelajari dengan seksama.

Tahap 4 : Action

Di sinilah Anda benar-benar ‘take action’ setelah memiliki pengetahuan dan persiapan yang matang untuk memulai gaya hidup sehat. Langkah pertama mungkin cukup sederhana, seperti menghindari makanan berlemak, berminyak, dan berkarbohidrat tinggi serta meningkatkan konsumsi sayuran dan buah-buahan dan makanan berprotein tinggi.
Mulai konsisten melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, jogging, dan gabung di gym untuk mempelajari berbagai dasar latihan beban.
Pada tahap ini sangat penting bagi Anda untuk mulai mempelajari mekanisme tubuh Anda setelah ditempa dengan pola makan sehat dan latihan rutin. Ini diperlukan agar Anda tidak kembali melakukan kebiasaan lama yang tak sehat. Bentuklah kebiasaan baru yang lebih sehat dan jadikan sebagai bagian hidup Anda dalam jangka waktu yang lama.

Stage 5 : Maintenance

Setelah Anda berhasil mencapai semua target yang Anda tentukan baik itu menurunkan berat badan atau meningkatkan kebugaran tubuh, fase yang terakhir dan terpenting adalah menjaganya. Sepanjang tahap ini Anda harus tetap konsisten dengan diet sehat dan latihan rutin yang Anda jalankan.
Bila perlu, ajak keluarga dan teman-teman Anda untuk menjalankan gaya hidup sehat seperti yang Anda lakukan. Sampaikan kepada mereka bahwa kondisi kesehatan Anda lebih baik dan berat badan Anda lebih terkontrol dengan menjalankan gaya hidup sehat.
Semakin banyak orang yang menjalankan gaya hidup sehat di sekitar Anda, semakin tinggi konsistensi Anda dalam menjalankannya.
Nah, sampai di tahap manakah Anda berada?

0 comments:

Post a Comment