twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Sunday 17 March 2013

8 Fakta Penambahan Massa Otot || Tips dan Trik Fitnes


Punya tubuh seperti seorang binaragawan memang impian hampir semua laki-laki. Berikut adalah 8 fakta yang bila dilakukan akan menambah massa otot seseorang dengan mudah. Fakta-fakta tersebut adalah:
1. Berusahalah Untuk Menjadi Lebih Kuat
Angkatlah beban yang lebih berat. Massa otot yang terbentuk pada saat seseorang mengangkat beban yang lebih berat dari biasanya adalah massa otot yang padat. Massa otot ini akan tetap bertahan walaupun orang tersebut melakukan program diet.
2. Konsumsi Kreatin
Kreatin adalah suplemen yang cukup terkenal di kalangan binaragawan. Suplemen ini dapat menambah kekuatan dan ukuran otot. Fungsi dasarnya adalah mendorong air untuk masuk ke dalam otot serta mendorong terbentuknya ATP yang merupakan bahan penting untuk konstraksi otot. Semakin efektif otot berkontraksi, semakin besar kekuatan yang diproduksinya. Dosis yang disarankan para ahli adalah sekitar 5 sampai 10 gram per hari.
3. Berbuat Curanglah (Sesekali)
Kadang boleh juga memenuhi keinginan kita untuk makan makanan seperti pizza, burger atau makanan tidak sehat lainnya. Makanan ini akan menghilangkan stress karena diet dan juga memberikan ekstra asupan kalori yang dibutuhkan tubuh untuk memulihkan diri dari latihan berat yang dilakukan. Perlu diingat, hanya boleh dilakukan kadang-kadang saja.
4. Awasi Kegiatan Diluar Latihan
Saat berusaha untuk membentuk otot, kadang orang melakukan latihan beban yang disertai latihan keras lainnya. Contohnya atletik atau renang. Perlu diingat bahwa latihan ekstra akan membutuhkan kalori ekstra pula. Jadi, sesuaikan jumlah kalori yang diasup dengan jumlah latihan yang dilakukan. Jika hal ini tidak diperhatikan, maka otot akan susah untuk terbentuk karena kalori ekstra yang dimiliki tubuh akan selalu dibakar menjadi energi.
5. Jangan Berlatih Berlebihan
Tubuh manusia akan mudah lelah jika melakukan latihan berat dalam keadaan berdiet. Hal ini dikarenakan tubuh tidak memiliki kalori ekstra yang dibutuhkan untuk memulihkan diri dari latihan berlebih. Tubuh akan memberitahu saat latihan yang dilakukan sudah terlalu berlebih dengan dua cara, membuat manusia menjadi lelah terus menerus maupun dengan sakit ringan seperti flu.
6. Pemulihan
Berikan waktu pemulihan pada tubuh setelah berlatih dengan keras. Jadwalkan hari libur latihan disela-sela jadwal latihan keras. Hal ini akan membantu tubuh untuk menguatkan diri dan memperbaiki diri dari latihan keras.
7. Tidur
Tidur 8 jam sehari sangat disarankan untuk memulihkan kondisi tubuh. Selain bangun dengan tubuh berenergi, selama tidur, tubuh melepaskan semua hormon yang diperlukan untuk pertumbuhan. Hormon ini akan membantu pembentukan massa otot dan juga pemulihan kondisi tubuh agar menjadi prima dan siap untuk berlatih lagi.
8. Latihan Kardio
Jantung adalah otot terpenting dalam tubuh manusia. Latihan kardio akan meningkatkan nafsu makan sehingga akan mudah untuk mengatur pola makan yang bersih dan sehat. Latihan kardio akan memperkuat sistem kardiovaskular yang sangat penting bagi latihan pengangkatan beban yang berat.

0 comments:

Post a Comment