twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Tuesday 19 March 2013

Agar Otot Tidak Menyusut, Ayo Latihan Beban! || Tips dan Trik Fitnes


Bukan rahasia umum jika latihan beban dapat meningkatkan laju metabolisme sekaligus membantu menurunkan berat badan jika dilakukan secara tepat dan teratur.
Agar-Otot-Tidak-Menyusut,-Ayo-Latihan-Beban!
Setiap 10 tahun, metabolisme manusia akan mengalami penurunan dan melambat sekitar 3 persen, massa otot mulai menyusut, dan produksi lemak tubuh kian bertambah. Itulah sebabnya mengapa Anda merasa lebih gemuk ketika usia bertambah.
Nah, agar hal di atas tidak terjadi pada Anda maka sebaiknya Anda mulai lakukan latihan beban dari sekarang. Latihan beban adalah latihan terbaik untuk meningkatkan dan membangun massa otot. Jika dikombinasikan dengan latihan kardio, latihan beban juga efektif untuk membantu menurunkan berat badan.
Studi menunjukkan bahwa latihan beban selama tiga bulan secara rutin 15-20 menit sehari (2-3 kali seminggu) dapat menambah otot kurang lebih 1,4 kg. Latihan beban juga dapat meningkatkan metabolisme sebanyak 7% dan membantu membakar 105 kalori ekstra setiap harinya.
Berikut 5 tip yang bisa Anda coba saat memulai latihan beban
  1. Pilih Beban Yang Tepat
    Beban yang ringan Anda tidak akan memberi otot Anda tantangan untuk mendapatkan kekuatan maksimal. Tapi jangan menggunakan beban yang terlalu berat karena risikonya adalah cedera. Gunakan beban sesuai kemampuan, kemudian tambahkan secara bertahap jika Anda merasa masih kuat.
  2. Lakukan Perlahan
    Gerakan yang terlalu cepat akan menyebabkan risiko cedera dan tidak efektif untuk membangun kekuatan, karena otot Anda memerlukan adaptasi. Lakukan gerakan mengangkat selama dua detik dan empat detik untuk menurunkan beban.
  3. Atur Nafas
    Pengaturan nafas yang keliru saat melakukan latihan kekuatan akan membuat gerakan menjadi lebih sulit dan bahkan mengacaukan tekanan darah Anda. Buang nafas saat kontraksi dan tarik nafas saat Anda melepaskan beban.
  4. Buatlah Program Latihan Yang Baik
    Program latihan beban Anda haruslah tersusun dengan baik dan teratur. Buatlah Program latihan beban Anda secara terperinci seperti misalnya, Hari Senin untuk melatih otot dada, Rabu untuk melatih otot kaki, Kamis untuk melatih otot punggung dan seterusnya. Jangan berlatih selama satu minggu penuh. Sisakan 1-2 hari untuk istirahat dari sesi latihan. Perlu Anda ketahui bahwa otot akan tumbuh saat tubuh mendapatkan istirahat yang cukup.
  5. Mulailah Konsumsi Makanan Sehat
    Satu hal yang tak kalah penting dari program latihan Anda adalah mengonsumsi makanan sehat. Artinya Anda tetap harus menjaga keseimbangan nutrisi bagi tubuh Anda. Buah-buahan dan sayuran adalah contoh makanan sehat yang baik untuk mendukung program latihan Anda.
    Hindari mengkonsumsi makanan cepat saji yang tinggi kalori dan tinggi lemak, gantikan dengan makanan tinggi protein seperti dada ayam, telur, dan daging. Makanan inilah yang dapat membantu Anda meningkatkan perkembangan otot lebih optimal.
Nah, sekarang Anda sudah mengetahui bahwa meningkatkan massa otot melalui latihan beban adalah cara terbaik untuk membentuk tubuh langsing dan ideal.
Tunggu apa lagi? Yuk, mulai latihan beban dari sekarang!

0 comments:

Post a Comment