twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Sunday 17 March 2013

Bulking || Tips dan Trik Fitnes


Bulking adalah istilah yang digunakan bagi proses peningkatan berat badan sehingga tercapai berat yang melebihi berat badan ideal seseorang. Hal ini tidak berarti seseorang dapat memakan apapun yang diinginkannya, karena bulking berarti penambahan massa otot yang tidak diikuti oleh penambahan lemak yang berlebih.
Karena itu, dalam proses ini, seseorang perlu memiliki pola makan khusus. Jumlah karbohidrat yang masuk harus sebanding dengan protein. Perbandingannya kurang lebih sebagai berikut: Karbohidrat 40%, Protein 40%, dan Lemak Sehat 20%.
Selain itu, seseorang yang melakukan bulking harus banyak mengkonsumsi lemak tak jenuh, karbohidrat kompleks, dan juga makanan dengan kandungan serat dan protein tinggi. Karena bulking menyangkut proses pembentukan otot, maka diperlukan asupan protein yang tinggi. Sebaliknya, ada beberapa hal yang harus dihindari selama seseorang menjalani proses ini.
Berikut adalah beberapa tips tentang bagaimana cara bulking yang sehat:
1. Pilih Lemak Yang Baik
Tidak semua lemak baik untuk tubuh. Lemak-lemak seperti lemak jenuh atau lemak trans (trans-fat) dapat menghambat proses pembentukan otot sekaligus mengganggu proses metabolisme tubuh. Daging babi adalah contoh jenis makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi, sedangkan lemak trans dapat ditemui pada makanan-makanan seperti biskuit, kue, dan aneka gorengan.
2. Perbanyak Konsumsi Ikan Laut
Lain halnya dengan jenis-jenis makanan yang mengandung lemak tidak sehat seperti disebut diatas, ikan laut merupakan salah satu makanan yang mengandung lemak baik yang dibutuhkan oleh tubuh. Dalam ikan laut terkandung zat Omega-3 yang baik untuk tubuh kita.
3. Milikilah Pola Latihan Dan Istirahat Yang Benar
Gunakan repetisi 6-8 dalam keadaan anda tidak mampu mengangkat lagi (failure) pada repetisi yang terakhir. Pilih beban yang sesuai dengan kemampuan sehingga pertumbuhan otot tubuh anda dapat maksimal. Selain porsi latihan yang benar, tubuh kita juga perlu istirahat yang cukup. Untuk itu, pastikan anda tidak lupa memberi tubuh anda jeda yang diperlukan.
4. Konsumsi Cukup Air
Air sangat penting fungsinya bagi proses metabolisme tubuh. Tanpa cukup air, tubuh kita tidak akan bekerja maksimal. Selain itu, air juga berfungsi mengangkut lemak supaya tidak ditimbun dalam tubuh kita. Konsumsi air secara rutin dalam jumlah yang disarankan.
5. Jangan Lupa Mengkonsumsi Vitamin Dan Mineral
Setiap hari, tubuh kita membutuhkan vitamin dan mineral untuk menyerap makanan dengan baik. Selain itu, vitamin juga dapat meningkatkan imunitas tubuh dan membantu menjalankan fungsi normal tubuh kita. Karena itu, mengesampingkan fungsi vitamin dan mineral adalah tindakan yang kurang bijaksana.
6. Tingkatkan Kadar Testosteron
Jika usia anda diatas 30 puluh tahun, ada baiknya anda meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh anda dengan mengkonsumsi suplemen alami sehingga pertumbuhan otot dapat maksimal.

0 comments:

Post a Comment