twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Friday 28 February 2014

Waktu Tepat Bakar Lemak Maksimal!

Masih berjuang mengenyahkan tas pinggang yang muncul sehabis lebaran? Berarti Anda wajib baca artikel ini. Ternyata ada trik sederhana untuk meningkatkan pembakaran lemak Anda saat kardio, lho.

Tweaking cardio
Kapan Anda biasa melakukan olahraga kardio? Kebanyakan orang melakukan kardio setelah berlatih beban, atau pagi hari setelah sarapan. Namun, penelitian terbaru dari Journal of Nutritionmenemukan, berolahraga kardio sebelum sarapan bisa lebih optimal membakar lemak Anda. Oarng-orang yang berolahraga sebelum sarapan membakar lemak tubuh 20 persen lebih banyak dibandingkan mereka yang tidak sarapan. Alasannya, dalam keadaan “berpuasa” semalaman, tubuh terpaksa menggunakan energi dari lemak untuk berolahraga.

Lalu, apakah olahraga sebelum sarapan membuat Anda kalap makan di siang hari? Untungnya tidak, menurut penelitian ini. Mereka yang berolahraga sebelum sarapan tidak makan lebih banyak dibandingkan mereka yang sarapan (dan tidak berolahraga). Selain itu, mereka yang berolahraga juga merasa lebih tidak lapar dibandingkan mereka yang tidak berolahraga. Olahraga tampaknya mampu menekan rasa lapar, sehingga mereka yang berolahraga tidak perlu takut tubuhnya melar karena kalap makan.

Which cardio should I use?
Perlu Anda ingat bahwa rekomendasi ini hanya bisa dilakukan untuk olahraga kardio seperti lari dan bersepeda. Latihan beban membutuhkan sumber energi yang berbeda (glikogen, bukan lemak tubuh), sehingga tidak akan optimal bila dilakukan dalam perut kosong.
Dan jangan lupa, akhiri sesi latihan Anda dengan sarapan untuk mengisi kembali cadangan energi yang hilang selama berolahraga. Anda tentu tak mau lemas sepanjang hari, bukan?

0 comments:

Post a Comment