twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Sunday 16 February 2014

BAHAYA OBESITAS TERHADAP NAFSU MAKAN DAN KESEHATAN KITA

Nafsu makan dan diet merupakan dua hal yang saling berhubungan satu sama lain yang berkaitan langsung dengan berat badan.Peneliti juga mengungkap bahwa banyak orang yang megalami stress karena kendalanya terhadap pengaturan pola makan dengan nafsu makan mereka.
Nafsu makan dapat terjaga dengan latihan rutin : Pada penelitian yang dilakukan oleh Exercise and Health Sciences di Loughborough University dengan menguji beberapa wanita obesitas dan beberapa wanita dengan berat badan normal membuktikan jika latihan berpengaruh besar dalam pengendalian nafsu makan.Dengan melakukan tredmill setiap pagi selama 45 menit, setelah berolahraga wanita obesitas dan mereka dengan berat badan normal  sama-sama makan dengan porsi yang sama bahkan jauh lebih sedikit dari sebelumnya.
Beberapa orang mengeluhkan ketika berat badan mereka kembali naik saat berhenti berolahraga.Hal ini dibenarkan karena ketika berhenti berolahraga, hormon penekan rasa lapar akan berkurang dan tubuh hanya mampu membakar lemak lebih sedikit.
Obesitas dapat meningkatkan Nafsu Makan : Telah kita ketahui bahwa dengan melakukan olahraga dapat menurunkan nafsu makan, namun tahukah Anda jika obesitas dapat meningkatkan nafsu makan seseorang meningkat? Yap, pada mereka yang memiliki banyak lemak tersimpan dalam tubuhnya, semakin tinngi pula tubuh mereka cepat merasakan lapar. Hal ini disebabkan karena lemak berlebih dalam tubuh menghalangi pelepasan hormon pengendali nafsu makan yang pada akhirnya menjadikan para obesitas cenderung sering merasa lapar .
Reaksi berbeda pada setiap orang : Dalam upayanya mengurangi nafsu makan, menjalankan latihan dan olahraga teratur merupakan cara yang tepat. Namun tidak semua orang dianjurkan untuk melakukannya karena reaksi dan kondisi tubuh individu yang berbeda-beda.
Para peneliti mengungkap jika dengan latihan dan berolahraga beberapa menit seusai makan dapat memperpanjang waktu kenyang serta mampu menekan nafsu makan.  Dijelaskan pula bahwa seseorang akan mengonsumsi makan malam dengan porsi yang lebih sedikit saat mereka  rajin berolahraga. Oleh karena itu para peneliti menganjurkan agar mereka lebih meningkatkan beberapa latihan dalam seminggu.

0 comments:

Post a Comment