twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Saturday 22 February 2014

Belum Kuat Push-Up? Coba ini || Tips Fitnes Sehat

Push-up merupakan gerakan Calisthenics paling disukai orang-orang karena tidak membutuhkan alat sama sekali. Untuk melakukan push up kita membutuhkan otot triceps serta sendi yang kuat. Selalu terapkan rules ini ketika melakukan push up.
Berikut tahapan Push-up untuk pemula :
  1. Wall Push-up

    Hampir setiap orang bisa melakukan Wall push-up.
    Menghadap ke tembok. Letakan telapak tangan di tembok, kaki rapat. Ini adalah posisi permulaan.  Tangan kalian harus lurus dan selebar bahu, tangan harus sejajar dengan dada. Dekatkan badan ke arah tembok dengan membengkokan siku sampai dahi kalian menyentuh tembok dengan perlahan. Dorong kembali ke posisi permulaan.
    Goals :
    Pemula : 1 set of 10
    Lanjutan : 2 sets of 20
    Progression : 3 sets of 5
    0
  2. Incline Push-up
    Setelah kalian dapat mencapai Progression Standard kalian dapat melanjutkan dengan melakukan Incline Push-up.
    Untuk melakukan Incline Push-up kalian harus mencari Objek stabil dengan tinggi setengah dari tubuh kalian (semakin rendah semakin sulit), kalian bisa menggunakan meja, sofa atau bench. Letakan telapak tangan di pinggir objek tersebut, tangan harus lurus dan selebar bahu. Ini adalah posisi permulaan. Turunkan badan dengan membengkokan siku sampai dada anda menyentuh objek dengan perlahan. Dorong kembali tubuh anda ke posisi semula.
    Goals :Pemula : 1 set of 10
    Lanjutan : 2 sets of 20
    Progression : 3 sets of 40
  3. Kneeling Push-up
    Setelah kalian mencapai Progression Standard maka kalian dapat melanjutkan ketahap berikutnya yaitu Kneeling Push-up.Ambil posisi berlutut di lantai dengan kaki rapat, dan letakan telapak tangan kalian di lantai. Tangan lurus, dan selebar bahu serta sejajar dengan dada. Ini adalah posisi permulaan. Dengan menggunakan lutut sebagai poros turunkan badan dengan membengkokan siku sampai dada hampir menyentuh lantai dengan jarak kira-kira satu kepalan. Dorong kembali ke posisi semula.
    Goals :Pemula : 1 set of 10
    Lanjutan : 2 sets of 15
    Progression : 3 sets of 30
Tahapan ini membentuk otot dan sendi yang dibutuhkan untuk tahapan push up selanjutnya. 3 Tahapan ini juga bisa untuk mengembalikan kekuatan sendi bagi yang mengalami cidera pada siku dan bahu.
So kalo bisa mulai sekarang kenapa gak?

0 comments:

Post a Comment