twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Tuesday 30 July 2013

Puasa Sangat Baik Untuk Kesehatan || Tips Kesehatan


Siapa yang tidak ingin sehat. Setiap orang tentu ingin sehat kan. Kesehatan merupakan nikmat yang tidak dapat dinilai dengan harta benda. Orang kaya raya hampir tidak akan merasakan kebahagian dengan harta yang dimilikinya jika ia memiliki gangguan kesehatan. Puasa merupakan salah satu cara untuk membuat tubuh Anda menjadi sehat.
Penelitian Dr. Alan Colt dari Amerika mengungkapkan bahwa puasa bisa membuat fisik, rohani, dan moral seseorang lebih baik. Puasa bisa membuat tekanan darah dan kadar kolesterol terkontrol, nafsu seksual terkendali, mengendurkan ketegangan saraf, menajamkan perasaan, mampu menguasai diri, menghambat proses penuaan, dan meningkatkan daya tahan tubuh seseorang.

Sebuah hadis Nabi yang menyebutkan, "Berpuasalah kamu, maka kamu akan sehat." Itu berarti secara teologis dan medis, puasa sangat dibenarkan karena dampaknya bagi kesehatan tubuh, jiwa dan moral seseorang akan lebih baik.

Mengkonsumi makanan yang berlebihan dan tidak teratur sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh seseorang. Malah akan mengundang bermacam penyakit bersarang di tubuh kita. Karena itu, puasa dapat mencegah penyakit yang timbul karena pola makan yang berlebihan itu. Makanan yang berlebihan gizi belum tentu baik untuk kesehatan seseorang. Kelebihan gizi atau overnutrisi mengakibatkan kegemukan yang dapat menimbulkan penyakit degeneratif seperti kolesterol dan trigliserida tinggi, jantung koroner, kencing manis (diabetes mellitus), dan lain-lain.

Puasa yang dilakukan dengan cara tidak mengkonsumsi makanan dan minuman dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari, memberi peluang kepada anggota tubuh kita untuk beristirahat dari mengkonsumsi makanan yang berlebihan di siang hari yang biasa dilakukan pada hari-hari sebelumnya di bulan-bulan lain.

Puasa tidak tidak hanya sekedar ibadah, namun juga merupakan salah suatu terapi kesehatan yang baik untuk tubuh kita.

0 comments:

Post a Comment