twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Tuesday 23 July 2013

5 Kelakuan Buruk yg Harus Dihindari Setiap Pagi

Memang benar seperti kata pepatah, bahwa hidup adalah sebuah pilihan. Dan pilihan untuk hidup dengan lebih sehat dan lebih baik, dimulai sejak kita bangun tidur di pagi hari. Mungkin saja tanpa kita sadari selama ini, kita sudah melakukan kegiatan-kegiatan yang buruk di pagi hari. Tentu saja hal tersebut tidak sesuai dengan tujuan kita bergaya hidup sehat.
Apa saja kemungkinan tersebut?


1. Sulit bangun pagi

Salah satu kegiatan buruk yang tak semestinya dilakukan adalah bangun kesiangan. Tentu saja, banyak hal yang bisa anda lakukan denan bangun lebih awal. Bahkan, banyak juga berpendapat bangun lebih awal mempengaruhi mood anda sepanjang hari karena tidak tergesa mempersiapkan sesuatu.

2. Menunda alarm
Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, jangan biasakan untuk menunda alarm yang telah anda atur sendiri. Jika anda tidur terlalu malam, itu adalah resiko yang harus anda terima bahwa ketika bangun, anda masih merasa mengantuk. Hal ini untuk tetap menjaga jam biologis anda pada ritme yang benar.

3. Tidur dan bangun suka-suka
Ketika anda tidak memiliki jam tidur dan bangun yang teratur, kondisi tubuh anda akan cenderung lebih mudah merasa lemah dan lesu. Penyebabnya, tubuh anda tidak memiliki ritme yang jelas kapan ia mengantuk, dan kapan ia merasa segar untuk melaksanakan aktivitas. Terkait juga denga jam biologis, untuk itu cukup penting memastikan anda memiliki jam biologis yang teratur dan dilaksanakan dengan baik.

4. Perut kosong dan olahraga
Mungkin bagi sebagian orang yang sedang menggalakan program pembakaran lemak, olahraga di pagi hari adalah hal wajib dilakukan. Tentunya tanpa sarapan terlebih dahulu, agar bukan karbohidrat yang dibakar ketika berolahraga melainkan lemak. Tetapi, melakukan olahraga di pagi hari dengan perut benar-benar kosong juga tidak baik. Siasati dengan minimal minum air putih segelas, atau bisa ditambah dengan sebuah pisang.

5.Tidak pernah sarapan
Kebiasaan ini sering terjadi bukan hanya pada orang gemuk yang ingin menguruskan badan, tetapi juga banyak orang yang merasa sibuk dengan pekerjaan dan dikejar-kejar waktu. Padahal, ada penelitian menyimpulkan bahwa melewatkan sarapan terlalu sering bisa meningkatkan risiko diabetes.
Jika anda memang tak ada waktu untuk sarapan, sebaiknya bawa selalu sereal, oatmeal, atau roti gandum untuk pengganti sarapan di rumah.

Mulai hidup sehat sejak bangun tidur !!

0 comments:

Post a Comment