twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Tuesday 10 December 2013

Tips Fat Loss Ala Aderai || Fitnes Sehat

  • Kurangi nasi hingga 50%, ganti dengan perbanyak konsumsi sayuran dan protein
  • Stop asupan gorengan, gula pasir, dan makanan dari tepung
  • Lakukan push-up total 30x (gunakan waktu selama yang diperlukan sesuai kemampuan), dan tutup dengan latihan cardio (aerobik) 30 menit.
  • Urutkan makanan dari sayuran dan protein dulu. Kenyangkan dari sumber tersebut. Kalau sudah, barulah isi dengan karbohidrat kompleks secukupnya seperti nasi merah. Kalau sudah kenyang, karbohidrat kompleks tersebut bisa dilewatkan (tidak harus dikonsumsi pada meal tersebut)
  • Pastikan penyajian yang sehat yang sesedikit mungkin melibatkan minyak goreng, santan, mentega, margarin, gula pasir, dan tepung terigu.
  • Tentukan jam tidur dan jam bangun yang konsisten. Dengan tidur teratur, kita terhindar dari meal tambahan gara-gara bergadang. Kita juga jadi terhindar dari bangun pagi yang telat yang berpotensi menghalangi kita mengkonsumsi sarapan.
Bahan Makanan Yang Perlu Dibatasi

Mengkonsumsi bahan makanan berikut ini bukannya tidak boleh, tetapi lebih baik memang kalau dikonsumsi lebih sedikit daripada biasanya….terutama bagi kita yang ingin hidup lebih bugar dan mempercepat hasil untuk upaya penurunan yang telah dikerahkan.
1. Minyak goreng.
Minyak goreng mengandung 100% kalori lemak. 1 gr lemak mengandung 9 kalori, 225% lebih banyak kalori daripada karbohidrat maupun protein.
2. Tepung.
Tepung mengandung nilai gizi yang rendah tetapi memicu insulin (hormon penyimpan lemak) yang tinggi. Waspadai tepung karena tepung ada dalam berbagai bentuk: roti, biskuit, kue, kulit gorengan, minuman, mie, bihun, kwetiauw, dan lain-lain.
3. Gula pasir.
1 sendok gula pasir = 40 kalori, atau sama dengan jogging di treadmill selama 8 menit. Dalam teh manis, hutang 8 menit tersebut habis dalam 15 detik.
4. Mentega / Margarin.
Sama dengan minyak goreng, 100% kalorinya berasal dari lemak. Memiliki kandungan lemak jenuh (yang tidak baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah) yang tinggi.
5. Santan
Merupakan salah satu sumber minyak jenuh tertinggi dari semua sumber nabati. Dan menjadi bagian yang cukup besar dalam pola makan orang Indonesia. Cobalah resep kari, rendang, gulai tanpa santan….rasanya masih tetap bisa enak dengan profile kesehatan yang lebih maksimal.
Dengan mengetahui sifat makanan ini, diharapkan muncul pengetahuan akan mengapa kita perlu membatasinya. Bukan memusuhinya.
Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment